Layanan Identifikasi dan Asesmen


Tujuan dari layanan ini adalah agar anak berkebutuhan khusus mendapatkan gambaran tentang gangguan yang dialaminya secara detail termasuk didalamnya tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Layanan ini meliputi:


Identifikasi ABK

Asesmen Psikologis

Asesmen Akademik

Asesmen Medis

 


Layanan Intervensi Terpadu


Tujuan dari layanan ini yaitu: mengurangi hambatan dalam komunikasi sosial dan interaksi social, mengelola emosi dan perilaku, meningkatkan kemandirian, memperbaiki kemampuan sensori motor untuk meningkatkan ketrampilan respon adaptif dalam aktivitas sehari-hari dan mengoptimalkan kesehatan anak. Layanan ini meliputi:


Psikologis

Terapi Perilaku

Terapi Bermain

Medis

Terapi Okupasi (termasuk Sensori Integrasi dan Snozelen)

Terapi Wicara

Terapi Akupuntur

 


Layanan Pendidikan Transisi


Program pendidikan transisi memiliki tujuan untuk membekali anak dengan kemampuan praakademik dan hal-hal lebih kompleks lainnya yang diperlukan untuk menjalani proses pendidikan lebih lanjut (misalnya adaptasi situasi sekolah, relasi dengan lingkungan yang lebih kompleks), serta menempatkan anak pada jenjang dan/atau lembaga pendidikan yang sesuai dengan perkembangan terbaiknya. Layanan ini meliputi:


Pra Akademik

Bahasa dan Komunikasi

Sosio Emosional

Motorik (Keterampilan Menulis)

Bina diri

Keterampilan Membaca

Keterampilan Berhitung

Seni dan Prakarya

Penempatan Sekolah

 


Layanan Umum


Sedangkan Layanan umum merupakan layanan yang diberikan bersifat layanan dukungan (supporting) sehingga tidak bersifat penanganan langsung pada anak. Layanan pendukung  meliputi:


Layanan Informasi dan Konsultasi

Layanan sekolah, keluarga dan masyarakat

Layanan Penelitian dan Pengembangan

Layanan Pelatihan dan Bimbingan Teknis